RUANG PROMOSI 2013


All about experience of my live

Monday, July 5, 2010

Repair Undercut Pada Cage Wheel Boxer

Contoh 1 : Repair Las pada Sambungan Cage Wheel Ring BOXER


Contoh 2 : Repair Las pada Sambungan antara Cage Wheel Long Bar dengan Cage Wheel Ring BOXER

Anda melihat 2 contoh repair di atas? Ini salah satu standar Quality Control yang membantu CV.KHS menjadi perusahaan berkualitas dengan ISO yang telah diakui internasional. Apa yang salah dengan Cage Wheel di gambar tersebut? Salahnya adalah Undercut atau pengelasan yang membuat cekungan atau membuat bahan yang disambung terkikis (bahasa jawanya "krowak"), Hal ini sangat jelas terasa jika petugas QC meraba dengan tangan. Jika hal ini diloloskan maka resiko pada saat penggunaan Cage Wheel ini di lapangan bisa menyebabkan putusnya sambungan las dan ini menyebabkan konsumen kecewa dan beralih kepada kompetitor "Quick".

Terus terang Sub kontraktor kami pernah mendapat teguran dari bagian pembelian karena barang yang kami buat mengalami keretakan pada sambungan las. Kekuatan las yang undercut ini sangat jelek, karena tingkat ketebalan las kecil/ tipis.Sehingga jika ada tekanan yang besar atau getaran resiko keretakan sangat tinggi. Maka perusahaan menganjurkan ketebalan las paling tidak rata dengan permukaan bahan atau lebih sedikit tebal (atau las gemuk). 

Faktor-faktor terjadinya las Undercut:
  1. Ampere yang digunakan dalam pengelasan terlalu besar, standar yang digunakan untuk bahan kami 180 Amp. Tetapi karena human error sering kali welder yang hanya mementingkan diri (hanya ingin mengejar borongan banyak tetapi tidak melihat kualitas) mereka memperbesar Ampere pada Trafo las atau mesin las menjadi 220-250Amp. Sehingga karena nyala api terlalu besar menyebabkan termakannya sekitar sambungan.
  2. Jarak antara bahan dengan kawat las pada saat pengerjaan terlalu jauh. Jarak ideal 5mm, tetapi bagi para pemula biasanya belum bisa mengendalikan kestabilan jarak semburan las sehingga banyak las yang undercut.
  3. Kecepatan pergeseran dalam pengelasan. Ini sangat berpengaruh pada hasil. Bagi welder yang telah perpengalaman, terutama saat mengerjakan sambungan, mereka tidak hanya 1 kali jalan, tetali disesuaikan ada yang 2 kali bahkan berulang-ulangkali mengikuti standar yang diberikan pabrik.
  4. Bahan yang akan dilas terlalu lunak.  Pada bahan besi lunak tentu kita tidak boleh terus melakukan seburan secara terus menerus. Misalnya sambungan 10 cm maka yang harus kita lakukan adalah melakukan pengelasan sedikit demi sedikit sehingga undercut bisa dimilimalisir.

No comments:

Post a Comment

RUANG PROMOSI 2013

Thank You for Your Attention

Latest News
free counters