RUANG PROMOSI 2013


All about experience of my live

Thursday, July 15, 2010

Perlukah Kebersihan pada Saat Proses Pengelasan?

Gambar di samping kiri ini adalah kondisi welding ficture atau alat mal las, yang tidak terawat dengan baik. Setelah usai pemakaian seorang welder tidak membersihkan kembali sisa-sisa spater dan kerak yang masih menempel di welding ficture ini. Kita juga melihat bahkan ada kawat las yang belum terpakai juga di biarkan di atas welding ficture ini. Mengapa kebersihan welding ficture ini diperlukan dalam proses pengelasan?

Banyak hal negatif yang ditimbulkan akibat kotornya alat mal las / welding ficture ini, antara lain:
  • berkurangnya semangat kerja dikarenakan pemandangan yang kurang sedap dipandang mata, melihat tempat kerjanya masih kotor dan berantakan
  • berkurangnya produktivitas welder/pekerja akibat waktu yang seharusnya langsung untuk bekerja dan menghasilkan barang malah digunakan untuk membersihkan welding ficture
  • kalau kita perhatikan gambar di  bawah ini, terlihat adanya serpihan-serpihan kerak dan spater di dalam lekukan, padahal lekukan ini adalah tempat meletakkan  cage wheel ring atau ring dari roda bajak. Apa yang terjadi? Ya, jika keadaan seperti ini tetap digunakan untuk proses pengemalan maka jelas akan terjadi penyimpangan ukuran atau sudut kemiringan barang, inilah yang menyebabkan terjadinya repair saat dilakukan pengecekan oleh tim quality control CV.KHS.

  • Adanya barang-barang lain yang tidak teratur di welding ficture ini membuat konsentrasi pekerja menjadi berkurang, dan juga jika alat penting tidak dikembalikan ke tempat asalnya maka ini akan menimbulkan kesulitan-kesulitan bagi pekerja lain yang membutuhkan dalam mencarinya.

Seperti kawat las yang dibiarkan diluar apalagi di tempat yang lembab, pada saat pagi harinya mau digunakan pasti akan menemuai kesulitan nyala atau kata orang jawa bilang "mlempem" maka ini juga seharusnya menjadi suatu perhatian bagi para welder. Kembali ke gambar-gambar di atas ini, bagaimana cara welder membersihkan dengan baik? Alat yang digunakan biasanya kuas dan sekrap dari besi yang agak tebal untuk mengambil spater yang menempel kuat pada mal.

No comments:

Post a Comment

RUANG PROMOSI 2013

Thank You for Your Attention

Latest News
free counters